Hormat kepada yang muda, sebelum lima puluh tahun have funn ajaa 😻

Kongzi pernah berkata, "Kita harus hormat kepada angkatan muda, siapa tahu mereka tidak seperti angkatan yang sekarang. Tetapi bila sudah berumur empat puluh, lima puluh, belum juga terdengar perbuatannya yang baik, bolehlah dinilai memang tidak cukup syarat untuk dihormati."
Lun Yu IX: 23

Pada saat Kongzi mengatakan hal ini:

  1. Bagaimana kondisi angkatan yang sekarang yang dimaksud oleh Kongzi? Apakah yang dimaksud adalah kondisi pada zaman Chun Qiu yang sangat kalut?
  2. Mengapa acuan yang dikatakan oleh Kongzi pada saat berumur empat puluh, lima puluh tahun? Apakah ada hubungannya dengan siklus 60 tahun yang menandakan bahwa saat sudah berumur lima puluh tahun sudah dekat dengan umur 60 tahun, tutup usia?
  3. Bagaimana jika saya melakukan tindakan yang tidak baik dari usia muda hingga usia 39 tahun, lalu saya akan melakukan tindakan yang baik pada usia 40 tahun dan seterusnya, apakah ini masuk hitungan?

mohon diluruskan, terima kasih

Mang Ujang

Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. ~Ernesto 'Che' Guevara (1965)