Kenapa hanya orang Bodoh dan Bijaksana saja yang tidak dapat diubah? 😮

Kongzi pernah berkata, "Hanya orang yang paling bijaksana dan yang paling bodoh saja tidak dapat diubah."
Lun Yu XVII:3

Jika kita perhatikan sekilas tidak ada yang aneh dari perkataan tersebut, kita akan beranggapan bahwa: Orang yang bodoh tidak dapat mengikuti (bebel), dan orang yang Bijaksana mungkin mempunyai prinsip sehingga mempunyai pendirian teguh (keras).

Kongzi berkata, "Adapaun sebabnya Jalan Suci itu tidak terlaksana, Aku sudah mengetahui: Yang pandai melampaui, sedang yang bodoh tidak dapat mencapai. Adapaun sebabnya Jalan Suci itu tidak dapat disadari jelas-jelas, Aku sudah mengetahui: Yang bijaksana melampaui, sedang yang tidak tahu tidak dapat mencapai."
Zhong Yong III:1

Pertanyaannya:

  1. Bukankah orang yang Bijaksana juga perlu untuk tetap belajar, bukankah satu-satunya hal yang tidak berubah di dunia ini adalah perubahan itu sendiri? The only constant in life is change.
  2. Dalam hal apa orang yang Bijaksana tidak dapat diubah?
  3. Apakah yang dinamakan tidak berubah dalam ayat ini termasuk dalam prinsip yang tdak akan berubah meskipun zaman berubah?

terima kasih

Mang Ujang

Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. ~Ernesto 'Che' Guevara (1965)