Sepenuh Iman memuliakan Kitab Sishu dan Wujing, kemana Xiaojing?

Setiap melaksanakan upacara sembahyang khususnya Kebaktian (Tongxiu) pada hari minggu, umat Khonghucu selalu menegaskan Keimanannya dengan cara melafalkan Delapan Pengakuan Iman. Di dalam Delapan Pengakuan Iman Agama Khonghucu yang ke-7 dikatakan, "Sepenuh Iman Memuliakan Kitab Sishu dan Wujing".

Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat banyak Kitab Suci Agama Khonghucu yang sedari dulu dibukukan hingga sampai pada tangan kita hari ini.

Melalui banyak perubahan zaman dan seiring berjalannya waktu, beberapa diantaranya masih belum ditemukan dan beberapa diantaranya digabungkan. Namun setidaknya, saat ini terdapat tiga Kitab Suci Agama Khonghucu yang kita ketahui yakni: Sishu, Wujing, Xiaojing.

Pertanyaannya:

  1. Mengapa Kitab Xiaojing tidak masuk ke dalam Delapan Pengakuan Iman agama Khonghucu?
    Apakah hal ini ada hubungannya dengan Xiaojing yang merupakan Kitab tunggal (bukan gabungan kitab seperti Sishu dan Wujing dan sedikit jumlahnya)?
    Atau ada alasan tertentu?

Thank you, tolong diluruskan ke Jalan Yang Benar! hehe

Mang Ujang

Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. ~Ernesto 'Che' Guevara (1965)

2 Jawaban

Donnie Tandian

Tes

Donnie Tandian

Waduh, gak bisa di edit. 2018 saya pantau masih aman. Saya belajar dulu, nanti baru dijawab.