Kenapa hanya Kong Zi dalam Ru Jiao? Lalu, Lao Peng itu siapa? ๐Ÿ˜…

Jika kita melihat catatan sejarah ajaran Khonghucu yang terdapat dari berbagai sumber baik itu dari Kitab Sishu,ย Kitab Shujing, internet ataupun sumber lainnya. Kita akan mengetahui bahwa jauh sebelum Nabi Khonghucu lahir, sudah ada nabi-nabi purba (raja suci) yang menjadi cikal-bakal terciptanya ajaran Khonghucu (Ru Jiao)ย seperti misalnya saja Nabi Fu Xi, Shen Nong, Huang Di, dsb. Bahkan Nabi Khonghucu sendiri berkata:

Aku hanya meneruskan, tidak mencipta. Aku sangat menaruh percaya dan suka kepada Ajaran dan Kitab-Kitab yang kuno itu. Aku ingin dapat membandingkan Diriku dengan Lao Peng.

Lun Yu VII:1

Hal ini menimbulkan pertanyaan di benak kita semua:

  1. Kenapa nabi-nabi purba sebelum Khonghucu atau murid-murid penganut Ru Jiao tidak mendapatkan penghormatan yang sama seperti nabi Khonghucu? Terdapat simbol berupa kimsin ataupun papan nama pada altar di Miao/Kelenteng?
  2. Jika Nabi Khonghucu adalah Nabi yang melengkapi, menyempurnakan, dan menjadi simbol ajaran Ru, apa yang membedakan beliau dengan nabi-nabi atau para murid lainnya?
  3. Lao Peng itu siapa?ย ๐Ÿ˜

Semoga tercerahkan disini, terimakasih!

Mang Ujang

Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. ~Ernesto 'Che' Guevara (1965)