Virus Corona COVID-19 ujian Tuhan atau Bahaya dibuat sendiri?

Penyebaran virus corona yang melanda seluruh belahan dunia semakin meningkat, pertanggal 6 Maret 2020 sudah terdapat 100rb kasus virus corona di seluruh dunia dan 4 kasus positif di Indonesia. Virus corona diduga terjadi akibat penyebaran virus yang terjadi dari hewan liar seperti kelelawar dan ular terhadap manusia, ada juga beberapa pendapat yang mengatakan virus ini disebabkan akibat kebocoran lab atau merupakan senjata biologis.

Terlepas dari apapun penyebabnya, virus ini mengancam kesehatan dan keselamatan manusia. Oleh karena itu riset dan penelitian di seluruh negara sedang dilakukan untuk mengatasi virus ini. Pada kitab Meng Zi terdapat sebuah kutipan:

"Di dalam Shi Jing tertulis, 'Tekun hidup sesuai Firman, memberkati diri banyak bahagia.'

Di dalam Tai Jia tertulis, 'Bahaya yang datang oleh ujian Tian dapat dihindari, tetapi bahaya yang dibuat sendiri tidak dapat dihindari.' Ini kiranya memaksudkan hal itu."

Meng Zi II A:4.6

  1. Apakah bencana wabah penyakit COVID-19 ini merupakan ujian Tuhan, atau penyakit ini merupakan bahaya yang dibuat oleh manusia sendiri?
  2. Bahaya seperti apa saja yang datang oleh karena ujian Tian (Tuhan)?
  3. Kenapa Tuhan memberikan ujian kepada manusia?

Mang Ujang

Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. ~Ernesto 'Che' Guevara (1965)