Yang terlalu cepat diperlambat, yang terlalu lambat dipercepat; jangan lupa pakai helm!

Di dalam Sishu tepatnya pada bagian Lun Yu V:20 terdapat percakapan:

Ji Wen Zi setelah tiga kali berpikir barulah berani melaksanakan hasratnya.
Mendengar itu Nabi bersabda, 'Cukup dua kali saja.'

Lalu pada bagian lainnya dikatakan

'Tadi dikatakan, "Cita itulah yang utama dan Semangat itulah yang kedua.", mengapakah dikatakan pula: "Pegang teguhlah Cita dan jangan mengumbar Semangat."?' 'Cita yang telah menyatu dapat menggerakkan semangat dan Semangat yang telah menyatu dapat menggerakkan Cita. Orang jatuh atau berjalan cepat, itu dikarenakan Semangat, tetapi ternyata mempengaruhi gerak hati atau pikiran.'

Meng Zi Volume II A:2.10

Dari kedua bagian ayat dalam Kitab Sishu tersebut, pada bagian pertama saya menafsirkan: Jangan terlalu lambat, dipercepat.

Sedangkan pada bagian kedua dapat diambil, Jangan terlalu cepat, diperlambat.

Meskipun dipercepat dan diperlambat ini tentu bergantung arti dan maknanya, misalnya saja dalam hal belajar jangan terlalu terburu-buru ingin menguasai segalanya (misalnya).

'Memang ada hal yang tidak dipelajari, tetapi hal yang dipelajari bila belum dapat janganlah dilepaskan; ada hal yang tidak ditanyakan, tetapi hal yang ditanyakan bila belum sampai benar-benar mengerti janganlah dilepaskan; ada hal yang tidak dipikirkan, tetapi hal yang dipikirkan bila belum dapat dicapai janganlah dilepaskan; ada hal yang tidak diuraikan, tetapi hal yang diuraikan bila belum terperinci jelas janganlah dilepaskan; dan ada hal yang tidak dilakukan, tetapi hal yang dilakukan bila belum dapat dilaksanakan sepenuhnya janganlah dilepaskan. Bila orang lain dapat melakukan hal itu dalam satu kali, diri sendiri harus berani melakukan seratus kali. Bila orang lain dapat melakukan dalam sepuluh kali, diri sendiri harus berani melakukan seribu kali.'
Zhong Yong Chapter XIX:20

Pertanyaannya:

  1. Bagaimana caranya saya mengetahui bahwa saat ini saya terburu-buru, ataupun terlalu lambat?
  2. Adakah cara untuk tidak mengulangi kesalahan ini atau setidaknya meminimalisir agar kelak tidak terjadi lagi?

Mohon diluruskan, hatur thank you Confucius.ID!

Mang Ujang

Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. ~Ernesto 'Che' Guevara (1965)